Wakil Ketua DPRD Jaring Aspirasi Dan Masukan RSJ Sambang Lihum

Kab. Banjar – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), M. Syaripuddin, S.E., M.A.P. bersama Komisi IV DPRD Kalsel laksanakan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum di Jl. Gubernur Syarkawi, Kabupaten Banjar pada pagi Kamis, (07/01).

M. Syaripuddin atau yang biasa disapa Bang Dhin ini menjelaskan kunjungannya kali ini adalah dalam rangka untuk berkoordinasi dan mendengar kendala-kendala yang dihadapi, “Kita juga ingin melihat rencana kerja RSJ Sambang Lihum ke depan agar sinergitas bisa berjalan dengan baik,” ujar Bang Dhin politisi asal PDI Perjuangan ini.

Kegiatan yang diawali dengan paparan oleh Direktur RSJ Sambang Lihum, dr. H. IBG Dharma Putra, M.K.M. ia menjelaskan bahwa pihaknya ingin menciptakan RSJ ini selangkah di depan, “Sesuai misi kami yaitu menjadikan pusat pelayanan kesehatan, pusat pendidikan dan pusat penelitian kesehatan jiwa,” ujarnya.

Selain itu Dharma Putra juga mengapresiasi kunjungan yang dilaksanakan oleh Bang Dhin yang disebutkan oleh Dharma Putra sebagai pemuda yang cerdas dan cepat serta responsif.

Di sela diskusi, pihak RSJ Sambang Lihum menyampaikan bahwa keterbatasan anggaran adalah salah satu yang menjadi kendala dalam pelaksanaan kegiatan dan perkembangan inovasi maupun infrastruktur yang ada.

Selain itu, pemeliharaan fasilitas juga menjadi perhatian. Banyak kerusakan-kerusakan yang terjadi akibat pelaksanaan perawatan pasien ODGJ serta antrean yang dianggap menjadi kendala terlebih di masa Pandemi.

Menanggapi hal tersebut Bang Dhin akan coba upayakan mencari pemecahannya, “Saya ingin coba lihat dan pelajari data anggaran perawatan pertahun yang ideal,” ujarnya untuk kemudian diupayakan melalui proses-proses yang ada.

Selain itu, Bang Dhin juga soroti terkait antrean untuk mempermudah prosesnya, ia tawarkan aplikasi mobile, “Kita sudah coba praktikan aplikasi antre, dan sudah diterapkan di beberapa lembaga terbukti efektif,” pungkas Bang Dhin optimis. Sebagai catatan aplikasi tersebut merupakan hasil karya programmer muda berbakat di banua. (humasdprdkalsel/RA)