Peringati HLUN ke-25, Bang Dhin Ajak untuk Lebih Hormati Orangtua

Banjarmasin – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), M. Syaripuddin, S.E., M.A.P. mengajak masyarakat agar dalam momentum Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-25 Tahun 2021 kali ini untuk senantiasa lebih menghormati dan memuliakan lansia.

“Mari kita sama-sama untuk saling menghormati dan memuliakan lansia, khususunya orangtua kita sendiri. Sesuai tema peringatan hari lansia 2021, Lansia Bahagia Bersama Keluarga,” ucap Bang Dhin, begitu sapaan akrab politisi asal partai PDI Perjuangan yang dikenal dekat dengan anak muda ini.

Hal tersebut diungkapkannya seusai acara HLUN yang dilaksanakan secara virtual dihadiri oleh Menteri Sosial Republik Indonesia, Dr. Ir. Tri Rismaharini, M.T. menggunakan Zoom Meeting, yang dalam hal ini Kalsel mengambil tempat di Gegung Mahligai Pancasila Banjarmasin, pada Sabtu (29/05) pagi bersama Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel, Hj. Siti Nuriyani dan sejumlah peserta lain.

Tri Rismaharini, dalam sambutannya mengatakan, bahwa saat ini kita berada dalam tantangan pandemi Covid-19 yang menggejala di seluruh bumi, termasuk Indonesia. Namun, ia mengharapkan di situasi seperti ini tidak perlu menghalangi suka cita para lanjut usia dan keluarganya untuk merayakan HLUN meskipun dalam bentuk sederhana.

“Saat ini kita masih dikaruniai umur yang panjang, untuk merayakan Hari Lanjut Usia Nasional meskipun demikian kita harus waspada dengan menggunakan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ucapnya.

Menurutnya, dalam keluarga selain sebagai pengayom, orangtua juga sekaligus sebagai teman yang tepat bagi para generasi yang seterusnya, sehingga dapat terjadi simbiosis mutualisme antar generasi, sesuai tema peringatan HLUN 2021 ini.

“Saya berharap, para generasi penerus dapat memahami tentang hakikat orang tua khususnya para lanjut usia dalam struktur kedudukannya di dalam keluarga dan masyarakat. Karena, keduanya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah struktur dan kultur sosial,” tutup Tri Rismaharini dalam sambutannya.