Pelepasan Dan Penyambutan Alumni Politala Berkuliah di Taiwan

Politeknik Negeri Tanah Laut menyelenggarakan acara Pelepasan dan Penyambutan Alumni Politeknik Negeri Tanah Laut Studi ke Taiwan “Pemuda Baper” (Bawa Perubahan dari Kampung). Acara berlangsung di Aula Gedung Teknik Informatika dan disiarkan secara langsung melalui laman Youtube Politala. (27/9).

Acara yang dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan Muhammad Syaripuddin, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Kepala Seksi Kewirausahaan  Kemitraan dan Penghargaan Pemuda Deny Saputra, Direktur Politala Dr. Mufrida Zein, S.Ag., M.Pd dan Dewan Penyantun Politala Dr. Sihabuddin Chalid, M.M.Pd ini dalam rangka apresiasi serta pemberian arahan kepada 4 alumni Politala yang telah menyelesaikan pendidikannya di Taiwan dan 17 alumni Politeknik Negeri Tanah Laut yang akan segera berangkat ke Taiwan untuk melanjutkan studinya.

Dihadapan 17 alumni beserta orang tua para alumni yang berhadir di tempat maupun secara online, Sihabuddin Chalid mengungkapkan rasa bahagia dan bangga kepada para alumni Politala yang telah menyelesaikan pendidikannya maupun yang segera menempuh pendidikan di Taiwan.

“Dengan kedatangan alumni kami yang telah menyelesaikan pendidikannya di Taiwan, dapat membagi pengalamannya selama menempuh pendidikan di Taiwan kepada 17 alumni Politala yang akan segera berangkat ke Taiwan”, ucap Sihabuddin.
Sama seperti yang disampaikan oleh Sihabuddin Chalid, Direktur Politala Mufrida Zein juga menyambut dengan rasa bahagia sekaligus bangga kepada para alumni Politala yang telah menyelesaikan dan yang baru akan menempuh pendidikan di Taiwan.

Direktur juga menyampaikan bahwa telah melaksanakan penandatangan fakta integritas bersama Kemendikbudristek, terkait pendanaan untuk uang saku bagi para alumni yang nantinya akan berangkat ke Taiwan .
“Diberangkatkannya para alumni Politala melanjutkan pendidikan ke luar negeri adalah salah satu tujuan dari seluruh Politeknik Negeri di Indonesia yaitu agar mewujudkan lulusan yang dapat Bekerja, Melanjutkan Kuliah dan Wirausaha atau BMW”, ungkap Mufrida.

Selanjutnya penyampaian arahan serta motivasi oleh Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan Muhammad Syaripuddin kepada para alumni Politala. Syaripuddin mengucapkan rasa bangganya kepada Kabupaten Tanah Laut khususnya Politala. Dikarenakan telah mempersiapkan SDM unggul untuk masa yang akan datang.

Lanjut Syaripuddin berharap agar nantinya para alumni Politala yang telah menempuh pendidikan di luar negeri, agar dapat memberikan manfaat dampak positif untuk Kalimantan Selatan ke depannya.
Dalam akhir arahannya, Syaripuddin menitipkan pesan kepada para alumni Politala. Bahwa sebagai pemuda harus menjadi aktor pembangunan daerah dengan cara mampu berkontribusi nyata, berkarya dan berprestasi membanggakan daerah. Terus bergerak aktif, serta mampu menyesuaikan dengan kondisi peradaban dan tuntutan zaman.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan berbagi pengalaman oleh tiga alumni Politala yang telah menyelesaikan pendidikan di Taiwan diantaranya Afrizal Habibi, Muhammad Syarul Rizal dan Muhammad Ega Nabhan.

Pada sesi ini dijelaskan tentang pengalaman para alumni sebelumnya saat menempuh pendidikan di Taiwan, serta tanya jawab seputar kendala saat berkuliah di Taiwan dan cara mengatasinya.
Tujuan dan niat yang kuat serta dukungan dan doa para orang tua, menjadi pesan utama kepada para alumni yang nantinya akan berangkat.

Sesi terakhir adalah sambutan oleh Kepala Seksi Kewirausahaan Kemitraan dan Penghargaan Pemuda Deny Saputra secara daring/online.

Deny Saputra dalam sambutannya, sangat mengapresiasi dan sangat mendukung dengan program kuliah ke luar negeri ini. Dikarenakan sangat bersinergi dengan program Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Selatan dalam bidang pengembangan pemuda di daerah.