Pansus III Dan Pansus IV DPRD Kalsel Perdalam Materi Pembahasan LKPj Gubernur Kalsel TA 2020 Ke DPRD Provinsi Jatim

Surabaya – DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam hal ini Panitia Khusus (Pansus) III dan IV melakukan kunjungan kerja ke DPRD Provinsi Jawa Timur guna memperdalam materi sekaligus berbagi pengalaman terkait pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Kalsel TA. 2020 dengan wakil rakyat Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Jumat (9/4).

Diterima Anggota Komisi A DPRD Provinsi Jatim Muzammil Syafi’i di ruang Banmis, Pansus III LKPj Gubernur Kalsel Tahun Anggaran (TA) 2020 yang diketuai H Sahrujani dari Partai Golkar dan Pansus IV LKPj Gubernur Kalsel TA 2020 yang diketuai H. M. Lutfi Saifuddin dari Partai Gerindra secara bergiliran menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya ke DPRD Provinsi Jatim.

Dalam pertemuan tersebut, anggota DPRD Jatim yang merupakan Ketua Fraksi Nasional Demokrat sekaligus anggota Pansus LKPj Gubernur Jatim TA 2020, Muzammil Syafi’i mengatakan, selain menyambut baik kunjungan ini sebagai ajang silaturahmi dan berbagi wawasan pengetahuan antara DPRD Kalsel dengan DPRD Jatim, juga sangat mendukung maksud dan tujuan studi komparasi yang dilakukan oleh Pansus III dan IV LKPj Gubernur Kalsel TA 2020.

Dirinya menjelaskan, bahwa saat ini DPRD Jatim juga sedang melakukan pembahasan mengenai LKPj Gubernur Jatim TA 2020, dimana anggota Pansusnya yang berjumlah 35 orang dan mewakili seluruh fraksi yang ada di DPRD Jatim saat ini sedang melakukan rapat kerja dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
“Pembahasan LKPj Jatim ini dilakukan oleh Pansus sesuai dengan prosentase seluruh anggota fraksi yang ada. Dan sekarang sedang melakukan rapat-rapat kerja dengan OPD”, ujarnya.

Ditemui usai pertemuan, kedua Ketua Pansus LKPj Gubernur Kalsel TA 2020 ini sama-sama berharap, hasil dari studi komparasi ke Ini Jatim ini nantinya akan mempertajam pemberian rekomendasi yang lebih baik kepada Gubernur Kalsel dalam upaya meningkatkan pembangunan daerah ke depan.

“Oleh sebab itulah, kami studi komparasi ke DPRD Jatim. Mungkin ada dalam pembahasan LKPj Gubernur Kalsel 2020 yang memerlukan penekanan atau pedalaman, sehingga rekomendasinya nanti lebih berbobot,” ujar Lutfi.

Disisi lain, meski saat ini kita sedang menghadapi Covid-19, Sahrujani berharap pembangunan daerah dan masyarakat Kalsel dapat ditingkatkan, minimal jangam sampai mengalami penurunan yang signifikan.

“Walau dalam keadaan pandemi Covid-19, kita berharap pembangunan daerah dan masyarakat Kalsel tetap meningkat atau minimal tidak mengalami penurunan yang signifikan,” ujar Sahrujani.

Kunjungan kerja Pansus III dan Pansus IV LKPj Gubernur Kalsel TA 2020 ke DPRD Provinsi Jatim, tanggal 8 – 10 April 2021 kali ini mengikutsertakan mitra kerja terkait. (Timhumasdprdkalsel/mrh)