Kunjungi BPD DIY, Komisi II Gali Informasi Dukungan Terhadap UMKM

Yogyakarta-Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sangat penting perannya dalam perkembangan perekonomian di masyarakat, berbagai faktor-faktor pendukung dilakukan guna mendukung UMKM, seperti yang dilakukan oleh Bank Pembangunan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (BPD DIY). Berangkat dari hal tersebut, Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan melakukan studi dan komparasi untuk menggali lebih jauh informasi, Jumat (12/11).

Direktur Utama PT. Bank Pembangunan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Bank BPD DIY) Santoso Rohmad memaparkan Bank BPD DIY terus berkomitmen untuk membantu pemerintah menjaga kestabilan ekonomi, dengan begitu masyarakat yang terdampak pandemi bisa segera bangkit dan melanjutkan aktivitas seperti biasa.
 
Untuk mendorong roda perekonomian agar tercipta pemerataan pembangunan masyarakat terutama UMKM, melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) agar dapat meningkatkan dan memperluas penyaluran kredit kepada usaha produktif. Bank BPD DIY bekerjasama dengan BUMDes sebagai agen, agar memudahkan masyarakat mengakses layanan Perbankan. Di mana agen dapat memberi informasi pada masyarakat di sekitarnya terkait kredit KUR.

Dijelaskan Ketua Komisi II Imam Suprastowo, bahwa sektor UMKM merupakan sektor yang bersentuhan langsung terhadap perekonomian masyarakat kecil, “kita menggali informasi terkait penyaluran kredit pada UMKM, dimana sektor UMKM harus kita dukung perkembangannya karena bersentuhan langsung dengan masyarakat kita, khususnya di Kalimantan Selatan,” jelasnya