Komisi II Apresiasi Capaian Bank Kalsel dalam Pembangunan Ekonomi Daerah dan Nasional

Jakarta – Sejumlah anggota komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang dipimpin oleh Hj. Dewi Damayanti Said, S.E., M.M., bertandang ke Kantor Bank Kalsel Cabang Jakarta pada pagi Senin, (02/03) di Jakarta Pusat.

Dijelaskan oleh Dewi dalam rangkaian acara tersebut, bahwa tujuan Komisi II DPRD melaksanakan kunjungan kerja ke Kantor Bank Kalsel Cabang Jakarta adalah dalam rangka monitoring dan evaluasi terhadap kinerja perbankan milik daerah ini.

“Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan dalam beberapa kurun waktu terakhir sangat konsen terhadap capaian kinerja dari Bank Kalsel terutama yang menyangkut evaluasi terhadap kinerja tahun 2020 dan proyeksi di tahun 2021,” ucap wakil ketua Komisi II tersebut.

Terlebih, menurut politikus asal partai Golkar ini, peran Bank Kalsel sebagai bank daerah, sejauh ini mampu mendukung program-program dari pemerintah daerah, meski dalam berbagai tantangan yang ada, salah satunya ialah pandemi covid-19 yang sudah kurang lebih satu tahun ini mewabah di Indonesia yang tentu sangat berpengaruh pada sektor ekonomi.

Oleh karenanya, menurut hemat srikandi DPRD Provinsi Kalsel tersebut, perbankan memiliki peran besar dalam menggerakkan perekonomian suatu daerah. Tentu, tambahnya lagi, salah satu tujuan dari semuanya adalah mempertahankan kepercayaan masyarakat terhadap perbankan milik daerah, “Agar terus menyesuaikan kebutuhan-kebutuhan masyarakat terkait dengan pelayanan yang cepat dan efisien,” ujar Dewi.

Direktur Utama PT Bank Kalsel, Dr. H. Agus Syabaruddin, dalam kegiatan tersebut memaparkan perkembangan-perkembangan yang ada. Setidaknya, menurut Agus Bank Kalsel sendiri tercatat pertumbuhan aset positif selama 2018 hingga 2020, “Dengan nilai aset 2020 mencapai Rp. 14,85 triliun. Secara year on year, aset Bank Kalsel (Konsolidasi) Tahun 2020 tumbuh sebesar 6,43%,) ungkap Agus.

Sejalan dengan hal tersebut, pimpinan Bank Kalsel Cabang Jakarta, Andy Andryawan, mengatakan bahwa pihaknya akan terus berkomitmen untuk melakukan peningkatan-peningkatan capaian termasuk juga dari segi pelayanan yang efektif dan efisien.

“Sesuai dengan visi Bank Kalsel, yaitu menjadi bank yang kuat, kompetitif dan berkontribusi untuk mendorong pembangunan ekonomi daerah khususnya, dan nasional pada umunya,” pungkas Andy.

Dalam hal ini, Komisi II DPRD Provinsi Kalsel mengapresiasi capaian-capaian yang telah diperoleh Bank Kalsel secara umum dan Cabang Jakarta. Yang menurut mereka telah mengalami banyak peningkatan secara signifikan dari hasil monitoring Tahun sebelumnya.