Ketua DPRD Kalsel Dorong Optimalisasi Pencegahan dan Penanggulangan Bencana di Kecamatan Gambut

Banjar – Kabupaten Banjar khususnya kecamatan Gambut, beberapa waktu lalu menjadi salah satu kawasan yang terdampak bencana banjir, permasalahan ini menjadi perhatian khusus oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) DR. (HC). H. Supian HK, SH, MH.

Untuk itu, Supian HK menilai kecamatan Gambut perlu sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) mengenai penyelenggaraan penanggulangan bencana, agar stakeholder dan warga Kecamatan Gambut dapat membangun pemahaman, bahwa semua pihak harus terlibat dalam mengurangi resiko bencana.

” Kita semua elemen masyarakat perlu bahu – membahu untuk mengurangi dampak bencana yang masih menghantui kita dimasa yang akan datang, mulai dari membangun rumah yang tidak asal -asalan bagi masyarakat, serta pemerintah Kabupaten juga perlu memikirkan pembuatan kanal – kanal untuk dapat menampung debit air yang sewaktu-waktu meningkat “, ungkap Supian HK.

Selanjutnya Supian HK mengharapkan, setelah perda ini disosialisasikan, pencegahan dan penanggulangan bencana semakin optimal dilakukan di kecamatan Gambut, terutama sektor pertanian tanaman pangan yang terdampak banjir, tutupnya.

Ditemuinya diakhir kegiatan, Camat Gambut Ahmad Fauzan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Ketua DPRD Kalsel, menurutnya perda ini sangat penting bagi pencegahan bencana di kecamatan Gambut, untuk itu pihaknya akan berperan lebih aktif lagi, dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana di kecamatan Gambut, tutupnya.