Ketua DPRD Kalsel Apresiasi Keberhasilan Tim Narkoba Polda Kalsel

Keberhasilan Tim Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalsel dalam menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu seberat 208 kg dan 53.969 butir pil ekstasi beberapa waktu lalu, mendapat apresiasi dari Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan H. Supian HK.

“Kami sebagai wakil rakyat tentunya sangat bangga atas hasil kerja keras tim narkoba Polda Kalsel”, ujar Politisi Partai Golkar ini disela acara Konferensi Pers Pengungkapan Tindak Pidana Narkoba Jaringan Internasional Malaysia, Kaltara, Kaltim dan Kalsel yang digelar dan dipimpin langsung oleh Kapolda Kalsel di Mapolda Kalsel, Senin (16/3).

H. Supian berharap ini tidak berhenti sampai disini dan terus dikembangkan. Kami akan mendukung apapun yang diperlukan. Sebab narkoba adalah musuh kita bersama dan dampak bahayanya lebih besar dari virus korona. Termasuk mendukung ancaman hukuman mati kepada pelaku sesuai ketentuan undang undang dan aturan hukum yang berlaku.

Sebelumnya, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor saat memberikan pesan pencegahan narkoba mengatakan, kejahatan narkoba merupakan salah satu kejahatan lintas negara (trans national crime) yang saat ini mendapat atensi cukup besar dari Presiden RI Joko Widodo dan Kapolri. Perang terhadap kejahatan narkoba ini memerlukan kerjasama dan dukungan dari semua pihak, tidak hanya BNN dan Polri.

Pengungkapan jaringan narkoba ini sejarah yang paling besar di Kalimantan Selatan. Dan kita sangat berterimakasih dan penghargaan kepada Polda Kalsel, khususnya petugas lapangan. 

“Hasil ini membuktikan kepada masyarakat bahwa kita serius melawan peredaran dan penyalahgunaan narkoba”, ucap Paman Birin seraya menegaskan bahwa tujuan utama kita hari ini membumihanguskan penyalahgunaan narkoba di Kalimantan Selatan.

Lebih detil dikatakan Kapolda Kalsel Irjen Pol. Yazid Fanani, bahwa sebenarnya sejak Januari 2019 sudah kita pantau jaringan ini, sampai akhirnya tanggal 13 Maret 2020 kita lakukan penindakan. “Ini dari pengembangan dan sudah pernah disidik oleh Direktorat Narkoba Polda Kalse sejak Januari 2019 lalu”, ujar lulusan Akpol Angkatan 1988 ini dihadapan para awak media cetak dan elektronik.

Turut menyaksikan konfrensi pers tersebut, Anggota DPR RI Habieb Abubakar Al Habsyi, pejabat utama Polda Kalsel, Kepala BNN, Danrem 101/Ant, Dan Lanud Syamsuddin Noor, Dan Lanal Banjarmasin, Kajati, Ketua Pengadilan Tinggi, Ketua MUI, Kakanwil Kemenkum HAM, Kakanwil Bea dan Cukai, Kepala BPOM, LKBH Unlam, Ketua Muhamaddiyah, Ketua NU, KH. Ahmad Zuhdiannoor (Guru Zuhdi), Ketua PGI, Ketua STIHSA, Ketua KNPI, Ketua PWI, dan wartawan media cetak dan elektronik. (mrh)