Ketua DPRD Dukung Launching Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Kalsel

Banjarmasin – Kepolisian Republik Indonesia secara resmi telah meluncurkan program prioritas nya yaitu Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Nasional, selasa (23/3).

Ketua DPRD Kalsel DR. (HC). H. Supian HK, SH, MH yang hadir diacara yang berlangsung secara virtual tersebut menegaskan dukungan nya. Menurutnya program yang merupakan realisasi 100 hari kerja Kapolri Listyo Sigit Prabowo ini sangat bagus, karena sedikit banyak dapat meninggkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita, tuturnya.

Ditemui disela kegiatan Kapolda Kalsel Irjend Pol Rikhwanto mengatakan, “program ETLE ini di berlakukan untuk menciptakan budaya tertib di masyarakat, mereka yang saat ini berlalu-lintas akan merasa terawasi walaupun tidak ada petugas polisi disitu” terangnya.

Selain itu, ETLE ini membuat penindakan pelanggaran lalu lintas bisa berjalan optimal, presisi dan akurat, sekaligus menekan potensi pungutan liar yang terjadi dilapangan, jelasnya.

Kapolri berharap “nantinya diharapkan dengan berlakunya tilang elektronik ini, petugas yang ada dilapangan tidak lagi melakukan penilangan. Petugas dilapangan dapat optimal melayani masyarakat misalnya dengan mengurai kemacetan atau membantu korban kecelakaan yang terjadi dijalan”.

Pada acara launching ETLE ini juga dijelaskan, pengendara yang nantinya kedapatan melanggar, untuk mekanisme tilang elektronik dan pembayaran denda, petugas akan mengirimkan surat konfirmasi kepada pelaku pelanggaran. Selanjutnya untuk mengkonfirmasi pelanggaran, pemilik kendaraan bisa mengakses situs ETLE-PMJ.INFO dengan memasukkan kode referensi pelanggaran dan nomor polisi kendaraan. (FH)