Ketua dewan minta maknai Harkitnas pemuda Kalsel harus bangkit

Banjarmasin (ANTARA) – Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr (HC) H Supian HK SH MH meminta pemuda di provinsinya harus bangkit untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas Tahun 2921.

“Bangkit dari sesuatu yang tiada ada manfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang banyak,” ujarnya di Banjarmasin,.Rabu (19/5) sehubungan dengan Harkitnas tahun ini.

Ia mengharapkan, sebagai generasi penerus dan harapan bangsa atau Banua, pemuda Kalsel harus bangkit menjauhi narkoba serta hal-hal yang berdampak negatif/terlarang lainnya.

“Pemuda harus maju terdepan dalam melakukan perbuatan positif, seperti upaya memutus mata rantai kemungkinan terjadi penularan COVID-19 di Banua Kalsel khususnya,” ujar anggota DPRD dua periode tingkat provinsi tersebut.

Hal lain yang tidak kalah penting, menurut politikus senior Partai Golkar itu, terkait dampak pandemi COVID-19, pemuda juga harus menjadi penggerak perekonomian rakyat atau daerah Kalsel yang kini berpenduduk lebih empat juta jiwa tersebar pada 13 kabupaten/kota.

“Pasalnya dalam persoalan pandemi COVID-19, bukan cuma harus memperhatikan 3M (memakai Masker, Mencuci tangan dengan sabun dan Menjaga jarak), melainkan pula masalah ekonomi dan pendidikan harus menjadi perhatian,” ujarnya.

“Mengapa masalah ekonomi dan pendidikan juga harus menjadi perhatian. Karena kedua sektor mempunyai korelasi dalam hal penanganan COVID-19,” lanjut wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V/Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong itu.

Wakil rakyat Kalsel yang sudah berusia 74 tahun itu mengaku miris dan prihatin kalau pemuda-pemudi provinsinya yang merupakan harapan bangsa atau daerah terlibat dalam hal narkoba.

Selain itu, terlibat dalam “deka densi moral” sebagai salah satu akibat dari pendidikan yang kurang terperhatikan, lanjut laki-laki kelahiran Rantau Bujur HSU, 20 September 1957 tersebut.

“Bangkitnya pemuda sekarang tidak sama dengan 113 tahun lalu. Tetapi sesuai tuntunan dan tantangan pada masa masing-masing seperti sekarang memberantas atau memerangi narkoba,” demikian Supian HK.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) HM Rosehan NB. (Syamsuddin Hasan)

Pendapat atau harapan yang hampir senada dengan Ketua Dewan dari mantan Wakil Gubernur Kalsel HM Rosehan NB SH yang kini Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD provinsi setempat.

“Masa depan bangsa atau Banua Kalsel di tangan pemuda. Karenanya pemuda Kalsel harus bangkit untuk kemaslahatan Banua dan kita bersama,” lanjut Ketua Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin itu.

Sebagai contoh dalam membangun ekonomi kerakyatan, hendaknya pula pemuda Kalsel sebagai penggerak atau pelopor, sehingga provinsi yang kini berpenduduk lebih empat juta jiwa tersebar pada 13 kabupaten/kota menjadi terdepan, demikian Rosehan NB.

Sumber : kalsel.antaranews.com