DPRD dan Pemerintah Provinsi Akan Dorong Kenaikan Status Lanud Sjamsudin Noor ke Tipe A

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) gelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Lanud Sjamsudin Noor dan Pemerintah Provinsi Kalsel mengenai rencana kenaikan status Lanud Sjamsudin Noor dari tipe B ke tipe A pada Pagi Rabu, (13/01) di Gedung DPRD Kalsel.

Ketua DPRD Kalsel, DR. (HC) H. Supian HK, S.H., M.H., mengungkapkan bahwa RDP kali ini adalah lanjutan Audiensinya bersama Danlanud Syamsuddin Noor Banjarmasin, Kolonel Pnb M. Taufiq Arasj, S.Sos. pada Senin, (04/01) membahas hal serupa, “Ya, RDP ini menindak lanjuti rencana kenaikan status Lanud Sjamsudin Noor ke tipe A,” ujar Supian HK.

Supian HK menambahkan, DPRD Kalsel sengaja mengadakan RDP melibatkan Pemerintah Daerah dan pihak-pihak terkait untuk menemukan solusi terbaik atas kendala-kendala yang ada.

Sebelumnya, Kolonel Pnb M. Taufiq Arasj mengungkapkan kenaikan tipe ini untuk mempersiapkan Kalsel sebagai gerbang Ibu Kota Negara dari sisi selatan, “Untuk melaksanakan tugas-tugas kami dalam hal pertahanan, tentu juga menyesuaikan dan memperhitungkan proyeksi ancaman sebagai pintu masuk Ibu Kota Negara,” ujar Kolonel Pnb M. Taufiq Arasj.

Adapun kendala yang saat ini dihadapi untuk realisasi grand design adalah mengenai aset wilayah, “Kami berharap dukungan dan kerjasama dari pemerintah daerah untuk bisa mencari solusi bersama,” tambah Kolonel Pnb M. Taufiq Arasj.

Penjabat Sekda Kalsel, Ir. Roy Rizali Anwar, S.T., M.T., yang juga berhadir dalam RDP ini mengatakan pada prinsipnya Pemerintah Provinsi mendukung peningkatan Lanud Sjamsudin Noor ke tipe A. Dalam hal ini mengenai kendala-kenala yang dihadapi, kemudian akan dicarikan solusi terbaik untuk mendukung terealisasinya rencana yang ada. (humasdprdkalsel/RM)