Bang Dhin apresiasi kegiatan positif karang taruna Dwi Marga Utama

Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel M.Syaripuddin, S.E., M.A.P., memberikan materi  ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan kepada pemuda pemudi karang taruna Dwi Marga Utama Kab. Tanah Bumbu. Jum’at (24/12).

Kegiatan berlangsung di halaman Kantor Desa, yang juga dihadiri oleh Kepala Desa Dwi Marga Utama Azhar, tokoh masyarakat dan karang taruna.

Dalam materinya M. Syaripuddin atau yang sering di sapa Bang Dhin, menjelaskan secara etimologis, wawasan kebangsaan berasal dari kata Wawas (bahasa sansekerta) yang memiliki makna tinjauan, pandangan dan penglihatan indrawi. Sedangkan kata Kebangsaan berasal dari kata ”bangsa” yang berarti kelompok masyarakat yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarahnya, serta berpemerintahan sendiri.

Dengan demikian, wawasan kebangsaan dapat diartikan sebagai konsep cara pandang yang dilandasi akan kesadaran diri sebagai warga dari suatu negara akan diri dan lingkungan nya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hakekatnya, wawasan kebangsaan adalah keutuhan secara nasional, yang juga dapat diartikan sebagai cara pandang yang utuh atau menyeluruh dalam lingkup bangsa indonesia dan demi kepentingan nasional. Artinya, setiap warga negara Indonesia harus berpikir, bersikap dan bertindak secara utuh menyeluruh dalan lingkup NKRI dan demi kepentingan nasional, bangsa dan negara Indonesia.

“Dengan kita mengenali diri dan lingkungan maka sudah barang tentu lahir dalam diri kita akan rasa cinta dan bela negara” jelas bang dhin.

Tak hanya itu, Karang Taruna Desa Dwi Marga utama ini juga menggelar Turnamen Sepak Bola DMU Cup Jilid 1. Dengan adanya perhelatan turnamen ini bang dhin sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan positif pemuda pemudi karang taruna Dwi Marga Utama.

Kerena kegiatan Turnamen Sepak Bola DMU Cup Jilid 1 ini dilaksanakan secara gotong royong, dikerjakan bersama-sama oleh pemuda pemudi karang taruna Desa Dwi Marga Utama.

“Bekerja sama untuk kepentingan bersama itu merupakan Salah satu nilai yang terkandung dalam Pancasila adalah nilai persatuan. Sesuai dengan bunyi dari sila ketiga Pancasila yaitu Persatuan Indonesia” tutup bang dhin.