Anggota DPRD Kalsel Athaillah reses terima beragam aspirasi masyarakat

Banjarmasin (ANTARA) – Dalam reses anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Athaillah Hasbi SSos SH di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menerima beragam aspirasi dari masyarakat.

“Aspirasi tersebut banyak yang merupakan kewenangan pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat, sedangkan yang kemungkinan bisa ditindaklanjuti pada tingkat provinsi ada beberapa,” ungkap wakil rakyat dari Partai Golkar itu melalui WA-nya kepada Antara Kalsel, Selasa (26/5) siang.

“Sebagai contoh mengenai Bendungan Kalibaru (sekitar 175 kilometer timur laut Banjarmasin) Desa Kalibaru Kecamatan Batu Benawa, HST memungkinkan kita tindaklanjuti di tingkat provinsi,” ujarnya 

Begitu pula aspirasi warga masyarakat Desa Kahakan (sekitar 173 kilometer timur laut Banjarmasin), Kecamatan Batu Benawa yang meminta normalisasi Sungai Kalibaru seperti lebih kurang dua kilometer, juga memungkin dibawa ke tingkat provinsi untuk tindaklanjutnya.

Normalisasi Sungai Kalibaru tersebut dalam kaitan pengairan pertanian, lanjut wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel IV/Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS) dan HST itu mengutip keterangan warga masyarakat setempat.

Selain itu, aspirasi warga masyarakat Desa Durian Gantang (sekitar 156 kilometer timur laut Banjarmasin), Kecamatan Labuan Amas Selatan (LAS) yang memohon kepada Balai Latihan Kerja (BLK) Banjarbaru untuk memberi penambahan keahlian (skil) seperti pelatihan menjahit buat pemuda dan ibu-ibu di desa tersebut.

Suasana reses anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Athaillah Hasbi di Desa Pendawan, Kecamatan Pendawan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). (Istimewa)

“Selebihnya aspirasi warga masyarakat yang mereka sampaikan saat saya reses, 17 – 24 Oktober lalu banyak merupakan kewenangan Pemkab setempat,” lanjut mantan pegiat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) “Bumi Murakata” HST itu.

“Aspirasi yang merupakan kewenangan Pemkab setempat itu akan saya koordinasikan dengan anggota DPRD HST atau pihak eksekutif di kabupaten tersebut,” demikian Athaillah Hasbi.

Dalam reses selama delapan hari, anggota Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalsel itu fokus pada desa-desa di Bumi Murakata HST seperti di Kecamatan Batu Benawa, Desa Kalibaru dan Desa Kahakan.

Kemudian di Kecamatan Haruyan; Desa Pangambau. Di Kecamatan LAS ; Desa Durian Gantang dan Desa Sungai Rangkas. Di Kecamatan Pendawan; Desa Pendawan.

Pewarta : Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi

Sumber : kalsel.antaranews.com