Presiden Joko Widodo resmikan bendungan Tapin

Tapin – Wakil ketua komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan selatan H. Iberahim Noor, SE menghadiri undangan peresmian bendungan Tapin, di desa Pipitak Jaya, kabupaten Tapin yang di resmikan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, kamis (18/2).

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa bendungan Tapin yang dibangun sejak 2015 hingga 2021 itu menghabiskan anggaran sebesar Rp 986 miliar, dan memiliki kapasitas 56,7 juta meter kubik air yang berperan sangat penting dalam pengendalian banjir, ketahanan pangan karena bisa menyediakan irigasi seluas 5.472 hektare menyediakan air baku 0,50 meter kubik per detik, dan dapat menghasilkan tenaga listrik sebesar 3,3 mega watt.

Bendungan Tapin masuk dalam daftar proyek strategis nasional diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 Tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Selain meresmikan Bendungan Tapin, Presiden Joko Widodo juga meninjau relokasi rumah warga yang terdampak pembangunan bendungan.

Turut dalam rombongan, antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.