Panen Padi Surplus Kalsel Tak Perlu Impor Beras.

Panen Padi Surplus Kalsel Tak Perlu Impor Beras.

Banjarmasin

Anggota Komisi II DPRD Kalimantan  Selatan (Kalsel), Heru Pribadi Jaya menegaskan, panen padi di Kalsel masih mampu mencukupi kebutuhan pangan sepanjang tahun. Bahkan keberadaan padi saat ini justru mengalami surplus.

“Kalau dari hasil penen tadi,  Kalsel cukup bagus,” ujarnya  di Banjarmasin, Senin (19/2) tadi.

Wakil rakyat dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa ini menyebutkan, memang ada impor beras secara nasional yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Namun untuk di Kalsel kebutuhan pasokan beras masih terjaga dari hasil panen petani. Karenanya btak perlu impor.

Karenanya diapun berharap, kondisi seperti ini bisa terus ditingkatkan agar pemerintah tidak perlu mengeluarkan anggaran berlebih untuk memenuhi kesesiaanp pangan.

Salah satunya, menurut Heru, dengan cara intens memberikan penyuluhan dan pada para petani sehingga hasil panen lebih melimpah.

Selain penyuluhan, masyarakat pun harus lebih rajin dan aktif lagi. Sebab pemerintah pusat sudah memberikan subsidi pupuk untuk petani.

Sebelumnya, mantan anggota Komisi III membidangi pembangunan dan infrastruktur di DPRD Kalsel ini, menyebutkan,  Presiden Joko Widodo pernah menyatakan kesedihannya jika mendengar laporan Indonesia masih melakukan impor pangan. Menurutnya, Jokowi mengungkapkan ada beberapa komoditas pangan yang seharusnya Indonesia bisa mandiri. Tetapi kenyataannya masih bergantung impor, di antaranya buah, jagung, beras. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.