Monitoring Pemilukada, DPRD Kalsel Kunker di Batola

Batola, Humas- Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Dra. Hj. Rachmah Norlias bersama rombongan melakukan kunjungan kerja (Kunker) mendatangi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Selasa, (14/20). Kunjungan kerja ini dalam rangka Monitoring persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) serentak di Kabupaten Batola, yang bertempat di kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Batola.

Dalam paparannya Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Hj. Rachmah Norlias menyebutkan,”Bahwa kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk dapat lebih mengetahui sejauh mana persiapan pelaksanaan Pemilukada serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang, sekaligus mendengarkan masukan baik berbagai kendala yang dihadapi maupun usulan dan harapan terkait pelaksanaannya”, tambahnya

Adapun Tahapan Pemilukada diantaranya, penerimaan PPK, PPS ,PPDP dan termasuk ketersediaan anggaran, dan lain-lain.

“Ada beberapa hal yang kita temui dilapangan diantaranya masalah Rapid Test untuk petugas-petugas KPU, disatu sisi mengenai MOU dengan pihak ketiga sebesar 350 ribu rupiah sudah disepakati, tetapi di tanggal 6 Juli 2020 keluar surat edaran dari Kementerian Kesehatan yang memberlakukan besaran batas tarip Rapid Test sebesar 150 Ribu Rupiah. Sehingga berpengaruh terhadap kerjasama tersebut, dimana pihak ketiga kesulitan menyiapkan alat Rapid Test. Oleh karena itu saat ini petugas-petugas KPU di Kabupaten Batola belum bisa kelapangan karena belum di Rapid Test”, dan ini mengganggu proses persiapan Pemilukada, karena jika para petugas belum dirapid Test maka mereka belum bisa terjun ke lapangan, menurut legislator dari Partai Amanat Nasinonal (PAN) ini.

Di lain pihak Kepala KPUD Kabupaten Batola Rusdiansyah, SP mengatakan, “Kami selaku tuan rumah , menyambut baik kunjungan ini”, pihaknya sangat berbahagia, dan senang karena Batola menjadi salah satu lokasi kunjungan kerja dari DPRD Provinsi Kalimantan Selatan.

“Pertemuan ini menjadi wadah bagi KPU Kabupaten Batola untuk menyampaikan aspirasi dan kendala-kendala yang mereka hadapi dilapangan. Pertemuan ini juga menjadi bahan masukan dan informasi untuk sama-sama mendapatkan solusi yang terbaik nantinya”, ujarnya. (Sar)