Komisi III Tinjau Pembangunan Jalan Provinsi Di Kabupaten Barito Kuala

Ruas jalan Anjir Pasar – Marabahan rencananya akan ditingkatkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimamtam Selatan pada tahun 2021 mendatang. Jalan sepanjang 37, 35 KM tersebut merupakan jalan provinsi yang menghubungkan ibukota Kabupaten Barito Kuala, Marabahan dengan jalan nasional antara Banjarmasin dan Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Wakil Ketua Komisi III yang membidangi pembangunan dan infrastruktur saat meninjau ruas jalan anjir – marabahan, Jum’at (5/12), mengatakan, ruas jalan ini sangat penting untuk menunjang peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat khususnya.

“Diharapkan, Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Selatan dapat merampungkan pengerjaan jalan ini sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat”, pinta politisi Partai PDI Perjuangan ini.

Sementara, Sekretaris Komisi III H. Gt. Abidinsyah menambahkan, jalan tersebut perlu memdapat perhatian segera dari pihak PUPR Provinsi karena kondisi jalannya saat ini sangat memprihatinkan. Apalagi sekarang sudah memasuki musim hujan, dikhawatirkan akan menambah kerusakan jalan.

“Terlebih, jalan tersebut juga sering dilewati mobil angkutan truck dan lalulintas nya cukup padat berarti jalan ini sangat diperlukan masyarakat menuju kota marabahan atau sebaliknya”, ujarnya.
Anggota Komisi III yang lainnya Fahrin Nizar mengatakan, peningkatan dan perbaikan jalan provinsi yang ada di Kabupaten Barito Kuala akan diupayakan dapat dilanjutkan pada tahun 2021 mendatang.

“Alhamdulillah, insyaAllah untuk peningkatan dan perbaikan jalan provinsi yg ada di Barito kuala, yakni ruas jalan anjir pasar – wanaraya – barambai. Termasuk ruas jalan poros Jejangkit akan ada realisasi di Tahun Anggaran 2021”, ucapnya disela monitoring ruas jalan di wilayah Kabupaten Barito Kuala.

Dari informasi yang didapat, Dinas PUPR Provinsi Kaimantan Selatan telah menganggarakan di tahun 2021 sekitar 7 milyar lebih untuk peningkatan ruas jalan Anjir Pasar – Marabahan dan ruas jalan Jejangkit. ( Timhumasdprdkalsel)