Komisi III DPRD Prov. Kalsel Lakukan Kunker ke PT. Pelindo III (Persero) Surabaya

Surabaya, humas- Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Selatan bidang Infrastruktur dan Pembangunan H. Sahrujani bersama beberapa Anggota lainnya ,(2/12) melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) di Surabaya, kegiatan ini dilakukan dalam rangka berkonsultasi beraudiensi terkait optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui Pengelolaan Alur Ambang Barito dan Jasa Kepelabuhanan.

Sahrujani saat beraudensi bersama Direktur Teknik Pelindo III Boy Robyanto
mengatakan ,”bahwa PT. Ambang Barito Nusapersada (PT. Ambapers) yang merupakan perusahaan patungan perseorang terbatas dengan bidang usaha pengelolaan alur pelayaran telah berubah menjadi
Badan Usaha Pelabuhan (BUP), harus menyesuaikan dengan regulasi baru yang saat ini dalam proses diharapkan peluang optimalisasi Pendapan Asli Daerah (PAD) “.

“Dengan adanya peluang optimalisasi PAD melalui; Pertama perluasan objek pungutan jasa alur dan kenaikan tarif pungutan jasa alur, kedua kerjasama pengelolaan jasa kepelabuhanan lainnya seperti usaha bongkar muat, depo petikemas, pemanduan dan lainnya,” ungkap Sahrujani.

“Dengan kegiatan audensi ini diharapkan dapat membuka wawasan lebih luas terkait peluang optimalisasi PAD khususnya sektor Kepelabuhanan,” tambahnya lagi.

Direktur Teknik Pelindo III (Persero) Boy Robyanto yang sebelumnya pernah bertugas selama satu tahun sebagai Asisten Manager di Pelindo Regional Kaimantan Selatan (Kalsel) disela-sela kegiatan tersebut menyampaikan terima kasih atas kedatangan Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Selatan ke Pelindo III di Surabaya ini.

“Berkaitan dengan pengembangan pelabuhan di Banjarmasin, kedepan daerah Jorong Kabupaten Tanah Laut (Tala) menjadi masa depan pengembangan pelabuhan Banjarmasn. Terutama untuk mensokong pemindahan ibukota negara karena pelabuhan di Banjarmasin menjadi pelabuhan sungai tidak bisa lagi untuk dikembang,” ungkapnya. (sar)