Komisi I Dukung Realisasi Pembuatan Embung di HST

Hulu Sungai Tengah – Salah satu upaya dalam penanggulangan musibah banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dilaksanakan dengan rencana pembangunan embung. Hal tersebut terungkap ketika kunjungan kerja Komisi I dalam rangka monitoring kesiapan penanggulangan musibah banjir di BPBD Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Selasa (12/1).

Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan melalui Sekretarisnya H Suripno Sumas mengatakan mendukung dengan rencana kegiatan yang bersumber dari APBN tersebut, terlebih lagi untuk penganggaran pembebasan lahan dibebankan kepada Pemerintah Kabupaten HST dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

“Program dari balai Rawa sebagai salah satu untuk penanganan dan penanggulangan bencana banjir di Hulu Sungai Tengah dengan membuat embung kami Komisi I menyambut baik, walaupun demikian juga disampaikan ternyata untuk pembuatan embung ini salah satu kendalanya adalah ganti rugi lahan yang dibebankan kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten, dengan jumlah yang cukup besar belum bisa menganggarkan anggaran tersebut,”Katanya.

Ditambahakannya pula nantinya DPRD akan mendukung pula melalui Anggaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, “Komisi I akan mensupport kegiatan ini dengan memasukkan kegiatan ini rencana anggaran multi years, yang pertama di APBD Perubahan Tahun 2021 dan kemungkinan di APBD 2022. Karena ini multi years kami bisa menindaklanjuti sehingga kami berharap embung yang akan dibaut di Kabupaten Hulu Sungai Tengah ini bisa dapat terealisasi,” jelasnya.

Dilain pihak Kepala BPBD Kabupaten HST H Budi menjelaskan selain rencana pembangunan embung di luas lahan sekitar 60 hektar, upaya yang dilakukan pihaknya dalam pencegahan dan penanggulangan musibah banjir adalah pembersihan-pembersihan sungai, dan juga pemantauan Daerah Aliran Sungasi (DAS) bersama dinas lingkungan hidup Kabupaten HST. (dnr)