Komisi I DPRD Kalsel RDP dengan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kalsel

Banjarmasin-Humas. Rapat dengar pendapat Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka menjaga dan meningkatkan kerukunan umat beragama di Kalimantan Selatan, Rabu (13/8).

Bertempat di ruang rapat Komisi I, Ketua FKUB Prov. Kalsel Ilham Masykuri Hamdi memaparkan kondisi kerukunan umat beragama sesuai dengan indek kerukunan umat beragama yang di keluarkan Litbang Kementerian Agama RI, Kalimantan Selatan berada pada urutan ke 24 dari 34 Provinsi. Dengan jumlah indek 72,51 angka ini didapat berdasarkan akumulasi dari tingkat toleransi, kesetaraan, kerjasama, pendidikan di keluarga, kearifan lokal dan dukungan pemerintah daerah atas isu kerukunan beragama.

Dari semua indikator penilaian tersebut, dukungan pemerintah daerah dinilai masih sangat rendah, dilihat dari rendahnya pembinaan dan penyuluhan serta kurangnya fasilitasi kepada FKUB.

“Kedatangannya Pengurus FKUB ke DPRD Provinsi Kalimantan Selatan untuk memperkenalkan diri sebagai Pengurus FKUB yang baru serta mengharapkan dukungan dari Komisi I untuk meningkatkan dukungan dari Pemerintah Daerah”.

Selain itu posisi Kalimantan Selatan yang nantinya akan menjadi penyangga Ibu Kota Negara, akan menyebabkan tingginya arus demografi sehingga menjadi perhatian FKUB. Kedatangan orang tidak saja berdampak pada meningkatnya arus uang dan barang, namun juga perbenturan idiologi yang dapat menimbulkan konflik dan tindakan diskriminasi, sehingga perlu Perda Toleransi Umat Beragama untuk memberikan perlindungan serta menciptakan kerukunan umat beragama yang lebih harmonis, saling menghargai serta membangun kerjasama untuk kemajuan seluruh umat beragama di Kalimantan Selatan.

“Untuk pembinaan kerukunan kedepan, di perlukan landasan hukum yang kuat. Selama ini keberadaan FKUB hanya berdasarkan Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri”, jelasnya lagi.

Kemudian target yang ingin di capai Kepengurusan PKUB periode 2021 -2026 adalah berusaha mewujudkan Kalimantan Selatan memperoleh Penghargaan Harmony Award yang mana merupakan suatu prestasi sebagai symbol daerah yang dianggap toleran dan harmony.

Ketua Komisi I DPRD Prov. Kalsel Hj. Rachmah Norlias selaku pimpinan rapat menyambut baik kedatangan pengurus baru FKUB Prov. Kalsel dimana dapat mendengarkan program-program kerja, kendala yang dihadapi hingga target yang ingin dicapai.

“Untuk itu diperlukan suatu tim kerja yang terdiri dari Lintas Lembaga, yang merancang dan membuat berbagai program kerja sehingga indikator terkait penghargaan tersebut dapat dicapai”. Tutupnya.