Ketua Komisi IV Menghadiri Rapat Koodinasi Terkait COVID-19

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Selatan H. Luthfi Syaifuddin, S.Sos bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah membentuk Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian, dan Penanganan Virus Corona (COVID-19). Hal itu sebagaimana hasil keputusan rapat pembahasan yang digelar di kantor Sekretariat Daerah Provinsi kalimantan Selatan di Ruang Rapat Aberani Sulaiman Jl. Dharma Praja. No. 1 Komplek Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Senin (16/03/20).

Adapun struktur tim Gugus Tugas ini dikoordinir oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Drs.H. Abdul Haris Makkie, M.Si , Ketua Harian dijabat Kepala Pelaksana  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) , dan Sekretaris dipegang oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Kalimantan Selatan H.M. Muslim,S.Pd, M.Kes merangkap sebagai juru bicara . 

“Pada hari ini kita menetapkan bahwa Provinsi Kalimantan Selatan status siaga darurat virus corona. Meski belum pada tahap tanggap darurat, namun kita tetap waspada,” tegas Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Drs. H. Abdul Haris Makkie, M.Si.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan juga akan meningkatkan screaning cegah tangkal diberbagai pintu masuk Kalimantan Selatan, baik itu di bandara, pelabuhan, dan terminal. Termasuk, upaya penyemprotan disifektan  di tempat yang perlu. “Karena berdasarkan diskusi kami, bahwa penyemprotan itu harus selektif. Sehingga apa yang kita lakukan betul-betul bermafaat”, jelasnya lagi.

Terkait langkah tersebut, informasi mengenai corona pun kini satu pintu di tangan Provinsi Kalimantan Selatan. Dalam hal ini, akan disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Serlatan H.M. Muslim,S.Pd, M.Kes.

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Selatan sangat mengapresiasi atas langkah Pemprov yang cepat membentuk Gugus Tugas  ini.

 H.M. Luthfi Syaifuddin, S.Sos menuturkan”, bawa untuk saat ini  warga Kalimantan Selatan khususnya diharapkan untuk tidak terlalu panik namun tetap waspada  dan menjaga hidup supaya sehat dalam beraktifitas seperti biasa walaupun Kalimantan Selatan masih Zero nihil satusnya siaga darurat (COVID-19) dan sampai kapanpun Kalimantan Selatan selau  kondusif’, tambahnya lagi.

Rapat Koordinasi Penanganan Virus Corona (COVID-19)Tahun 2020 diikuti oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Forkopimda, Seluruh SKPD Provinsi Kalimantan Selatan ,Perwakilan dari Tokoh Muhammadiyah ,Tokoh  Nahdatul Ulama Provinsi Kalimantan Selatan dan Media Massa.(16/03) (sar)