Ketua DPRD Kalimantan Selatan Minta Prioritas Tim Banggar DPR RI

Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan H. Supian HK Bersama Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor menerima kunjungan kerja Tim Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), di Ruang Rapat H. Maksid di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (24/2).

Paman Birin dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi dan menyambut baik kunjungan Tim Banggar DPR RI ke Kalimantan Selatan yang bertujuan menghimpun masukan, saran dan rekomendasi kebijakan penerimaan, pengalokasian dana transfer daerah, serta Dana Desa melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Dirinya berharap, pertemuan ini dapat tergali lebih dalam berbagai informasi di bidang-bidang terkait serta memberikan manfaat yang seluas-luasnya bagi rakyat Kalimantan Selatan. Ini merupakan keterpaduan memaksimalkan manfaat kemampuan keuangan daerah dan pusat. Semuanya disinergiskan untuk kepentingan masyarakat Kalimantan Selatan salah satunya melalui Program Dana Desa.

“Dengan Dana Desa yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat banyak desa-desa yang tadinya sangat tertinggal, tertinggal dan tidak maju, meningkat secara signifikan. Diharapkan progam ini berjalan dengan baik dan sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kalimantan Selatan”, ujarnya.

Wakil Ketua Banggar DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan, kunjungan mereka ke daerah selain untuk menghimpun masukan, saran dan rekomendasi kebijakan penerimaan, pengalokasian dana transfer daerah, dan Dana Desa, juga untuk mensinkronkan berbagai kendala yang ada. Karena itu dalam kesempatan ini kami hadirkan Dirjen Perimbangan Keuangan Daerah yang bertugas mentransfer dana keuangan daerah tersebut.

“Kita accept (terima-red) apa keluhan-keluhan di bawah (daerah), termasuk usulan yang harus kita support dan yang harus bertanggungjawab atas resiko kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Pusat. Pemerintah Daerah jangan dibiarkan ‘teriak-teriak’ dan tidak disupport dari sisi anggarannya,” pungkas Legislator Dapil Jabar II ini.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan H. Supian HK berharap, pertemuan seperti ini dapat terus dilakukan dan dilanjutkan dengan lebih intensif. Sehingga berbagai usulan dan harapan masyarakat Kalimantan Selatan mendapat prioritas dan masuk dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Nasional.

“Pada intinya DPRD Provinsi Kalimantan Selatan minta diprioritaskan menyangkut masalah Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan dana bantuan lainnya, demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Selatan,” cetus Politikus Gaek dari partai Golkar ini. 

Hadir dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel H. Abdul Haris Makki, Pimpinan Bank Indonesia Kalsel, Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Walikota se Kalsel, Kepala SKPD Pemprov Kalsel dan Pemkab/kota. (mrh)