Ketua DPRD Bersama Gubernur Terima Kunker Tim Gugus Tugas Pusat

Banjarbaru, humas- Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan DR. (HC) H. Supian HK, SH, MH bersama Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor sambut kedatangan Tim Gugus Tugas Pusat; Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. DR. Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad dan Kepala BNPB Letjend Doni Monardo bertempat Gedung Idham Chalid Setda Prov. Kalsel Jl. Dharma Praja No. 1 Komplek Perkantoran Pemprov. Kalsel Banjarbaru Minggu (7/6/2020).

Setibanya di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, rombongan meninjau Lab. Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKL) Banjarbaru.
Kemudian langsung menuju Gedung Idham Chalid untuk melakukan Rapat Kerja dengan Tim Gugus Tugas Provinsi Kalimantan Selatan.

Usai pertemuan, Kepala BNPB RI Doni Monardo kepada wartawan mengatakan tujuannya berkunjung ke Provinsi Kalimantan Selatan melihat sejauh mana percepatan penanganan yang dilaksanakan oleh daerah yang diinginkan oleh pemerintah pusat. “Dan tentunya kewajiban kami untuk memberikan dukungan dan kepercayaan kepada pemerintah provinsi Kalimantan Selatan, dalam percepatan dan Penanganan Covid-19.” Ujarnya.

“Tadi secara umum sebagaimana telah dijelaskan oleh Gubernur Kalimantan Selatan apa yang telah dilaksanakan mulai dari pencegahan, penanganan sudah dilaksanakan secara terpadu sejalan dengan keinginan pusat”. Tegasnya lagi.

“Adapun usulan yang disampaikan untuk Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan Menteri Kesehatan diantara adalah peningkatan kapasitas Rumah Sakit Rujukan, peningkatan kapasitas RSUD 9 Kab/Kota, Rumah Sakit Penanggulangan Infeksi dan paket KiE untuk Kab/Kita. Dan usulan yang disampaikan untuk Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan Kepala BNPB diantaranya adalah pembangunan Incinerator dan sarana Pengelolaan Limbah B3 Infeksius Regional (kapasitas 300 kg/jam), peningkatan kapasitas Laboratorium PCR, Mesin PCR (13 kab/kota), Reagen PCR (160.000 pcs), bantuan Fast Lab Mobile Combat Covid-19 (3 unit) dan dukungan Alat Testing berupa Rapid Test 400.000 unit dan Swqb VTM 160.000 unit”. Paparkan Gubernur Kalsel dalam rapat kerja hari ini.

Dalam wawancara Gubernur Kalimantan Selatan didampingi Ketua DPRD Prov. Kalsel, mengapresiasi kedatangan Tim Gugus Tugas Pusat, kepada wartawan menyatakan “Dimomen yg berharga ini protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan, untuk mencegahan Covid-19, seperti jaga jarak, cuci tangan, menggunakan masker, dan lain sebagainya, dan harus menjadi budaya dari Banua kita, agar terlepas dari belenggu Covid 19”. Tegasnya.(sar).