Golkar Dukung Penuh Raperda Ekosistem Gambut

Golkar Dukung Penuh Raperda Ekosistem Gambut

Banjarmasin,

Fraksi Partai Golkar di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel, mengapresiasi serta penghargaan sekaligus mendukung penuh atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut yang diusung Komisi II di dewan.

Terlebih Komisi terkait sudah memberikan penjelasan secara rinci dan lugas maksud pembentukan  perda dimaksud. “ Kamis F Golkar mendukung sepenuhnya atas raperda ini,” ujar jurubicara F-Golkar, Hj Heriyatie S Sos M Ikom, dalam penyempaian pemandangan umum atas raperda di maksud di rapat paripurna dewan, Rabu (7/2) tadi.

Menurutnya, tujuan raperda selain upaya sistematis dan terpadu, gambut juga merupakan material organik yang terbentuk secara alami dari sisa-sisa tumbuhan yang terdekomposisi tidak sempurna dan terakumulasi  pada rawa.

Oleh karena itu menurut fraksi Golkar lanjut Hj Heriyatie, perlu dilakukan upaya perlindungan, pengelolaan, dan pengendalian terhadap lahan gambut. Sehingga lahan gambut, dapat dimanfaatkan  sebesar-besarnya untuk kepentingan dan kehidupan masyarakat, khususnya di Kalsel.

Dihadapan pimpinan rapat yang dipimpin H Buhanuddin dan Asisten I Pemerintahan Drs Siswansyah, hari itu, Hj Heriayatie menyebutkan, poin kedua, bahwa karakteristik lahan gambut memiliki fungsi yang beragam dalam perikehidupan bangsa Indonesia, antara lain sumber daya flasma nutfah dan komoditi kayu, ikan penyimpangan karbon dan lainnya.

Ketiga, lanjut dia lagi, raperda ini diharapkan dapat memberikan perlindungan dan engelolaan ekosistem gambut yang disertai dengan pemeliharaan gambut dan penerapan sanksi administratif, pengawasan terhadap ketaatan penanggungjawab usaha dan atau kegiatan terhadap peraturan pemerintah ini dan izin lingkungan. (*)