Gerindra Sampaikan Pandangan Umum Ekositem Gambut

Gerindra Sampaikan Pandangan Umum Ekositem Gambut

Banjarmasin,

Kelimantan Selatan (Kalsel) mempunyai kekayaan khas daerah, berupa sumberdaya ekosistem ‘gambut’ yang sangat khas dan mempunyai karakteristik yang unik dan mempunyai fungsi yang beragam dalam prikehidupan bangsa Indonesia.

Kondisi tersebut patut dibanggakan untuk selanjutnya harus dipertahankan keberadaannya sebagai daerah yang memiliki  sumberdaya genetik plasma nutfah dan komodiyin kayau, sebagai tempat hidup ikan dan sebagai gudang penyimpanan karbaon, yang berfungsi sebagai penyeimbang iklim.

“ Praksi Gerindra memandang perda ini akan menjadi acuan strategis dalam membangun, memelihara dan mengebangakan asset daerah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki,” ujar juru bicara Fraksi Gerindra, Hj Mariana, dalam pemandangan umum atas raperda inisiatif Komisi III tentang perlindungan dan pengelolaa ekosistem gambut, di rapat paripurna dewan, Rabu (7/2) tadi.

Karena itu, lanjutnya, maka diperlukan data yang baik. Berdasarkan data dimaksud maka dapat mengukur sumberdaya ekosistem gambut yang dimiliki, termasuk cara pengelolaan, letak dan siapa yang akan mengelola dan hal lainnya.

Rapat paripurna ke 2 tahun 2018, masa sidang I itu, dipimpin Ketua DPRD Kalsel H Burhanuddin dan tiga wakil ketua daewan lainnya.

Sedang dari eksekutif, selain Kepala SOPD, hadir mewakili gubernur Kalsel yaitu Asisten I Pemerintahan, Drs Siswansyah, serta undangan lainnya. (*)