DPRD Sambut Baik Aksi Unjuk Rasa KAKI Kalsel

Banjarmasin – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan, DR. (HC) H. Supian HK, S.H., M.H., sambut puluhan peserta aksi unjuk rasa dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komite Anti Korupsi Indonesia (KAKI) Kalsel yang menyayangkan pengkerdilan otonomi daerah di sektor pertambangan batubara.

Aksi unjuk rasa yang digelar di halaman rumah banjar pada Senin, (15/11) pagi ini dikoordinatori oleh ketua KAKI Kalsel, Husaini. Ia meneriakkan kekecewaan pihaknya terhadap pemindahan kewenangan terkait izin pertambangan yang semula ada di provinsi, kini diambil alih pusat.

“Dengan perpindahan kewenangan ini, sangat memungkinkan memberikan permasalahan di Provinsi Kalsel dalam tata kelola pertambangan dan investasi,” ucap Husaini.

H. Supian HK menyambut baik aksi unjuk rasa yang digelar oleh rombongan KAKI Kalsel tersebut. Pasalnya, ia menganggap penyampaian aspirasi merupakan hal yang wajar selama digelar secara sehat sebagai wujud pengawalan kebijakan pemerintah dari rakyat.

“Saya sudah melihat tuntutan-tuntutan yang diutarakan oleh teman-teman KAKI Kalsel. Apa yang disampaikan dinda Husaini tadi sangat positif. Karena sebagai pemerintah provinsi kita kehilangan otonominya dalam sektor pertambangan,” timpal H. Supian.

Tentu juga, menurut politisi senior partai Golkar tersebut, memuntum ini sangat baik untuk KAKI menggugat dan mengevaluasi kebijakan pemerintah pusat terkait pengambil alihan kewenangan tersebut.

“Pada intinya saya mewakili seluruh rakyat di Provinsi Kalsel mengacungi jempol atas statement positif semacam ini, tentu jumlah kami sangat terbatas, karenanya perlu masukan-masukan dari para masyarakat atau para LSM,” tutup H. Supian.