Komisi II Apresiasi Rencana Pembangunan Pabrik Dolomit di Kalsel

Gresik – Rencana inivestasi pembangunan pabrik pupuk dan dolomit di Kalimantan Selatan oleh CV Alam Hijau mendapatkan apresiasi oleh Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan. Hal tersebut di sampaikan oleh Ketua Komisi II Imam Suprastowo saat melihat langsung pabrik yang pemiliknya sendiri adalah H Parlin yang juga merupakan asli orang banua, Jumat (24/1).

Disampaikan Imam Suprastowo, dengan berdirinya pabrik pengolahan dan produksi ini diharapkan nantinya dapat menunjang serta meningkatkan produksi di sektor pertanian dimana selama ini untuk dolomit yang dipergunakan untuk meningkatkan Ph tanah masih dikirim dari pulau jawa.

“Kita berharap pabrik dari perusahaan ini dapat berdiri di Kalimantan Selatan untuk menunjang sektor pertanian, karena sebagaimana kita ketahui semua, baik itu dolomit pupuk dan sebagainya kiriman dari jawa dan yang diproduksi di kalsel belum ada kadar Mg nya yang setinggi disini,” jelasnya.

Selain itu diharapkan juga dengan adanya pabrik ini dapat menyerap tenaga-tenaga kerja muda dan minat bekerja pada sektor pertanian, “dengan produksi pertanian meningkat tentu akan menyerap tenaga kerja muda, yang selama ini rendah minat terhadap sektor pertanian diharapkan kembali berminat pada hal tersebut,” katanya.

Sementara itu ketika ditanya tujuan kegiatan kunjungan ini dilaksanakan, dirinya menjelaskan untuk melihat dan memastikan secara langsung proses produksi pada pabrik dan lingkungannya, “Kita ingin memastikan bagaimana kondisi perusahaannya dan gangguan terhadap lingkungannya terutama, jangan sampai nanti ada dampak terhadap lingkungan,” pungkasnya. (dnr)