DPRD Kalteng Study Komparasi ke DPRD Kalsel

 

Banjarmasin,

Kendati berbeda luasan wilayah, namun dikarenakan banyak persamaan, Tim legislator Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Senin (26/2) kemarin, melakukan study komparasi ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Selatan di Banjarmasin.

Rombongan berjumlah 20 orang terdiri dari lintas fraksi yang tergabung  dalam tim itu,  melakukan sharing perbandingan di ruang Komisi II lantai IV gedung DPRD setempat.

Dipimpin ketua Rombongan, H Iriansyah dan disambut Wakil Sekretaris Komisi II DPRD Kalsel, Rudiansyah

Mengawal audiensinya, H Iriansyah yang merupakan Wakil Ketua DPRD Kalteng mengatakan, tujuan rombongan yang dibawanya, untuk melakukan perbandingan guna masukan terkait pembentukan rancangan peraturan daerah (raperda) retribusi jasa umum, yang mana Kalsel sudah lebih dahulu memilikinya.

“ Saat ini kita sedang menyusun raperda ini. Untuk itu kita bersama rombngan melakukan studi banding ke Kalsel,” ujar saat penyampaian dihadapan sejumlah wakil rakyat Kalsel.

Kendati Kalteng memiliki luasa wilayah lebih besar yaitu 153.000 dibanding Kalsel, namun banyak kemiripan baik topograpy maupun infrastruktur, jalan, terutama soal kepelabuhan.

kabupaten/kota.  Hal itu pula salahsatu yang mendasari pihaknya untuk menggali masukan ke Kalsel, terkait bagaimana cara melakukan sitem pungutan pelabuhan, yangmana selama ini pungutan kepelabuhan tersebut hanya bisa dilakukan pihak pusat. “ Ini salahsatu poin penting kita ke Kalsel ini,” Kata Iriansyah.

Terkait nilai Anggaran pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kalsel yang masih  bertengger di angka Rp 4,5 trilun ssementara kontribusi pendapatan pajak daerah hanya 1,6 triliun. Realita tersebut yang akan dipacu pihaknya melalui berbagai terobosan guna mendongkrak pendapatan pajak hingga mencapai 50 persen dalam postur APBD.

Saat ini pula, lanjut politisi Partai Nasdem ini, pihaknya melalui tim lainnya didewan Kalteng sedang mengkaji dan mempelajari raperda  retbusi jasa khusus  dan jasa usaha.

Sekretaris Komisi II H Rudiansyah menyambut baik atas adanya kunjungan DPRD Kalteng ini, dan berharap apa yang sudah dipaparkan pihaknya secara detail dapat menjadi masukan positif bagai daerah Kalteng. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.