Dewan Komitmen Pengembangan Kebun Raya Banua

Bali-Keberadaan Kebun Raya Banua diharapkan dapat terus berkembang agar dapat setara dengan kebun raya lainnya yang ada di Indonesia. DPRD provinsi Kalimantan Selatan mendukung penuh untuk peningkatan kebun raya banua tersebut baik dari sisi penganggaran maupun pengelolaannya, “mulai 2020 kita benahi bersama, dan kami DPRD siap support penganggarannya dan kebutuhan untuk pengembangan serta kemajuan kebun raya banua,” ucap wakil ketua pansus raperda kebun raya banua DPRD kalsel Zulfa Asma Vikra SH MH pada saat melaksanakan kunjungan kerja ke Kebun Raya Eka Karya Bali, Jumat (13/12).

Menurutnya, keinginan tersebut tidak lepas agar kebun raya banua dapat menjadi sebuah eco wisata kebanggaan masyarakat kalimantan selatan selain juga warisan bagi generasi yang akan datang, “Kita ingin kebun raya banua menjadi kebanggaan bagi kita dan generasi yang akan datang, Kita berkomitmen untuk mengembangkan lebih baik lagi,” katanya.

Terkait dengan hasil kunjungan kerja pihaknya, dirinya menyampaikan banyak hal-hal penting yang didapat dari kunjungan tersebut, diantaranya bagaimana mengelola spesimen-spesimen tumbuhan dan juga meraih sumber-sumber pendapatan.

“kita bisa melihat disini bagaimana tumbuhan di rawat dan dikelola dengan baik, selain itu juga untuk menghasilkan pendapatan banyak hal-hal yang dapat kita terapkan selain dari retribusi pengunjung juga ada retribusi untuk pra wedding, family gathering, jasa identifikasi tumbuhan dan lain-lain,” katanya.

Terpisah, dipihak yang sama Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatab H Suwardi Sarlan ketika melaksanakan kunjungan kerja ke Kebun Raya Bogor juga menjelaskan dukungan terhadap Kebun Raya Banua ini juga diimplementasikan melalui Raperda, “poin yang termuat dalam Raperda nanti adalah bagaimana cara Pengelolaan,Pengembangan dan Perencanaan Kebun Raya Banua kedepan,” katanya. (dnr/sar)